Senin, 16 Mei 2011

SEDIKIT TIPS BWT BRO N SIST..PERAWATAN HARIAN YAMAHA MIO

1. Perpanjangan Umur Pakai V-BELT : Sejatinya V-Belt kudu rutin diganti setiap pemakaian 15 ribu km, namun nggak jarang sebelum angka tersebut, V-Belt terpaksa diganti karena udah terkikis atau melar yang banyak disebabkan oleh kelalaian perawatan. Alangkah lebih bijak... jika kamu rutin membersihkan filter penyaring debu di cover CVT. Hanya dengan pembersihan bensin, kotoran debu yang sering mengakibatkan V-Belt selip bisa dihilangkan dengan cepat.

2. Cek Kandungan Oil-Air Box Filter Karbu : Setiap box filter karbu Mio selalu dilengkapi detektor air dan oli. Lewat detektor berbahan karet transparan ini, kamu bisa melakukan pengecekan apakah box filter Karbu Mio kamu dipenuhi oli ataupun air. Jika jawabannya ya, segera bongkar dan bersihkan box filter karbu. Biaya & Lama Pengerjaan :Rp. 5 Ribu & 15 menit Perlengkapan :Bensin, Kunci Sok Ukuran 8

3. Rutin Ganti Oli Transmisi CVT : Di dalam CVT terdapat pula susunan gigi transmisi. Agar awet dan berfungsi dengan baik, kamu kudu rutin melakukan penggantian setiap jarak tempuh 10 ribu km. Ternyata olinya nggak harus oli khusus CVT kok, pake aja oli SAE 40 yang juga digunakan sebagai oli pelumas mesin. hanya sebanyak 100cc. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5-10 Ribu | 45 menit Perlengkapan : Bensin, Oli, Oben (+) dan Kunci Pas 10

4. Rutin Cek Aki Hindari Korosi : Aki punya peranan dominan buat mendukung kelistrikan, terutama penyalaan mesin dengan bantuan starter elektrik. Sering-seringlah memeriksa kondisi aki. mulai dari ketinggian air hingga kondisi baut +/- nya. Jika lengah, kutub2 dipenuhi kerak pengundang koros. Jika terlanjur bersihkan kerak dengan airpanas secara rutin. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp.5 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Obeng (+) dan (-), air panas, dan kuas

5. Perluas Lubang Irigasi Bagasi : Bagasi Mio dilengkapi dua buah lubang kecil di pojok-pojoknya. Lubang ini adalah lubang irigasi yang fungsinya untuk saluran pembuangan air yang terjebak di bagasi. Agar lebih maksimal, perluas lubang ini dengan bor ukuran baut 12. Biaya | Lama Pengerjaan : – | 5 menit Perlengkapan : Bor Listrik

6. Gampang Setel Karbu : Posisi karburator Mio ngumpet dalam bodi, tepatnya dibawah bagasi yang dikelilingi side body dan under seat kover. Nah cara praktis untuk perbesar/perkecil putaran RPM lewat karbu, cukup buka jok lalu buka penutup karet panjang di dasar bagasinya. Setel karbu lewat lubang itu dengan modal obeng doang. Biaya | Lama Pengerjaan : – | 5 menit Perlengkapan : Obeng (+)

7. Jaga Kedap Air Cop Busi : Posisi Busi Mio termasuk sulit dijangkau, selain itu juga posisinya tepat dibelakang lubang anginunder seat kover. Otomatis rentan terkena air dari lubang tersebut. Itu sebabnya cop busi dibuat kedap air dengan dilengkapi bibir karet. Agar lebih oke, jangan ganti ini dengan sembarang cop, selain itu untuk menjaga kekedapannya, gunakan bantuan sealer yang dioles mengelilingi bibir cop busi. Biaya | Lama Pengerjaan : 10 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Lem Sealer, Obeng (+)

8. Selamatkan Nomer Mesin : Nomer Mesin Mio terdapat di dinding atas blok CVT, namun sayang posisinya tepat di tepi dinding ban. Otomatis area ini sering ditempa kotoran aik air maupun debu. Agar nggak gampang rusak terjangkit korosi, segera amankan dengan pelapisan pernis Biaya | Lama Pengerjaan : 15-25Ribu | 5 menit Perlengkapan : Cat semprot clear, pen brush atau spray gun, pernis

9. Rawat Kover Plastik Hitam : Orsi-nya, kover Mio nggak seluruhnya menggunakan plastik berlapis cat. Beberapa diantaranya menggunakan bahan plastik berwarna hitam seperti back deck kover, foot board hingga under seat kover. Yang jadi masalah bagian ini susah dibersihkan apalagi keseringan tergores. Tips ampuh murah meriah untuk membersihkan sekaligus menghitamkan permukaannya kembali adalah dengan bantuan semir sepatu. Biaya | Lama Pengerjaan : 5-10 Ribu | 30 menit Perlengkapan : Semir sepatu hitam, sikat semir sepatu,lap pembersih

10. Usir Berisik Cakram : Terkadang cakram Mio mengeluarkan bunyi srek-srek yang diikuti seretnya putaran roda. ini diakibatkan geseran piringan cakram dengan kampas rem. Orsinya separuh bagian kampas rem disisi piston kaliper diganjal plat. Ganjalan separuh ini menyebabkan miringnya keping kampas rem akibat luasan dorongan yang ngga merata dari piston kaliper, lama-lama ketebalan kampas akan berbeda dan seterusnya kemiringan keping kampas akan menggeser piringan hingga mengeluarkan bunyi srek-srek.

TIPS : Menangkalnya cukup sederhana kok, yang paling gampang dengan melepas plat pengganjalnya agar permukaan keping plat-nya rata. Tapi kamu kudu nyetel ulang kalipernya agar tarikan tuas rem-nya nggak terlalu dalam. Jika ngga pengen repot, penuhi aja pengganjalnya dengan bantuan tambahan plat tipis yang direkatkan lem besi

Tips Berkendara Dengan Motor Matic


Potensi bahaya dalam mengendarai sepeda motor matic pun bisa saja terjadi. Untuk meminimalisir potensi bahaya tersebut kita perlu mengenali terlebih dahulu karakteristik sepeda motor matic. Berikut beberapa tips yang dapat kita gunakan :

I. Proses menyalakan sepeda motor matic adalah menekan rem dan menekan tombol electric stater. Proses menekan rem adalah untuk mencegah sepeda motor melompat saat membuka putaran gas, karena posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang. Untuk mengurangi potensi kecelakaan beberapa langkah yang diambil :

1. Gunakan rem belakang saat menyalakan mesin sehingga tangan kanan bisa memegang handle gas dengan lebih baik
2. Hindari melepas genggaman tangan di handle gas pada saat mesin menyala. Untuk mencegah tindakan-tindakan di luar kontrol kita yang dapat menyebabkan sepeda motor bergerak (seperti video diatas)

II. Sepeda motor matic tidak perlu melakukan perpindahan gigi. Prinsip kerjanya adalah menggunakan pulley yang menentukan rasio putaran mesin dan putaran roda belakang. Untuk mengurangi potensi kecelakaan beberapa langkah yang diambil :

1. Berlatih berkendara dengan kecepatan konstan, mengingat pulley depan dan belakang akan membesar dan mengecil sesuai dengan putaran gas.
2. Akan lebih menguntungkan bila sepeda motor matic anda dilengkapi dengan brake lock (seperti Honda Vario atau Honda Beat). Pada saat parkir atau berhenti di jalan yang menurun, brake lock akan menahan pergerakan motor.
3. Berlatih berkendara pada jalan yang menanjak dan saat akan mendahului, karena pada sepeda motor konvensional kita dapat melakukan perpindahan gigi ke gigi rendah dengan cepat, sedangkan sepeda motor matic membutuhkan proses perubahan diameter pulley.

III. Rem belakang untuk sepeda motor konvensional dioperasikan menggunakan kaki sedang rem belakang sepeda motor matic dioperasikan menggunakan tuas rem di sebelah kanan. Untuk mengurangi potensi kecelakaan beberapa langkah yang diambil :

1. Pengoperasian tuas rem menggunakan 4 jari, sehingga kekuatan pengereman akan lebih baik.
2. Gunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Operasikan rem depan sedikit lebih kuat.

IV. Sepeda motor matic memiliki engine brake yang sangat kecil, terlebih lagi bila dibandingkan dengan sepeda motor konvensional lainnya. Hal ini menyebabkan proses memperlambat sepeda motor hanya menggunakan rem depan dan belakang saja. Untuk mengurangi potensi kecelakaan beberapa langkah yang diambil :

1. Berlatih mengontrol kecepatan dengan menggunakan rem di jalan yang menikung, sehingga sepeda motor tidak keluar jalur
2. Berlatih mengontrol kecepatan dengan menggunakan rem di jalan yang menurun, agar sepeda motor tidak melaju terlalu kencang.

Demikian karakteristik sepeda motor matic, pahami karakteristiknya dan kita dapat mencegah kecelakaan. Bertindak aman untuk hidup yang lebih baik.

Tips Berkendara Saat Hujan

Bahkan pembalap terbaik di seluruh dunia bisa sedikit gugup saat mengemudi di kondisi hujan dan menjadi tantangan terbesar bagi orang berusia lanjut atau orang yang mungkin memiliki reflex lebih lambat dan keterbatasan penglihatan. Dengan mempersiapkan segala sesuatu lebih dini dan atau berkendara lebih lambat ketimbang biasanya dapat membantu Anda merasa lebih aman di jalan. Mulailah dengan mengikuti tips-tips mengemudi berikut ini, yang mungkin dapat membantu Anda mencapai tujuan dengan aman saat kondisi hujan.

Sebelum Pergi

* Luangkan lebih banyak waktu untuk menempuh perjalanan atau berangkatlah lebih cepat.
* Pastikan mobil Anda dalam kondisi baik, termasuk ban dan wiper kaca depan.
* Pertimbangkan untuk memiliki mobil yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti stability control, traction control dan yang lainnya, kontrol traksi dan all-wheel drive.
* Simpan emergency kit di dalam mobil setiap saat.

Di Jalan

* Aktifkan lampu depan Anda, bahkan ada sebuah aturan yang menyatakan bahwa setiap saat Anda menggunakan wiper sebaiknya diikuti dengan mengaktifkan lampu depan.
* Ingat bahwa jalan basah akan menjadi lebih licin, sehingga berikan ruang ekstra antara Anda dengan mobil lainnya.
* Jika memungkinkan, tetap berkendara di jalur tengah. Biasanya, jalur tengah sedikit lebih tinggi dibanding yang lainnya. Jadi akan lebih kering ketimbang jalan di sisinya.
* Cobalah untuk menghindari genangan air, bisa jadi ada lubang yang bersembunyi di baliknya.
* Jangan mencoba untuk melintasi aliran air.
* Setelah berkendara melalui genangan air, injak pedal rem untuk membantu mengeringkan rotor rem Anda.
* Berhati-hatilah terhadap pejalan kaki.

Selamat berkendara dengan aman!

TIPS MENGENDARAI SEPEDA MOTOR.

Sebelum mengendarai dan selama berkendaraan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan menjadi aman dan nyaman.

1. Persiapan sebelum berkendara :

Persiapkan mental dan nyakinkan kondisi fisik dalam keadaan fit (termasuk tidak dalam pengaruh / mengkonsumsi obat). Gunakan helm untuk melindungi kepala dan alas kaki sebagai tumpuan selama berkendara, lengkapi dengan jaket tangan panjang (jika memungkinkan pakai pelindung dada) dan celana panjang untuk kenyamanan berkendara (hal ini menjadi sangat penting dikarenakan pelindung utama tubuh kita adalah jaket). Periksa tekanan angin ban sesuai standar dari pabrikan motor dan ban sesuai ukuran standar, juga periksa keausan alur ban untuk kestabilan kontrol saat melakukan pengereman dan berbelok dalam kecepatan tertentu. Periksa ketersediaan bahan bakar (hal ini akan memberikan ketenangan lebih jika persediaan dalam kondisi cukup), periksa juga fungsi normal rem depan dan belakang, termasuk fungsi – fungsi lain sebagai pendukung lancarnya berkendaraan (lampu sain, lampu depan dan belakang, lampu rem) dan periksa posisi kaca spion agar memberikan hasil yang maksimal untuk kenyamanan dan keamanan. Duduk senyaman mungkin pada posisinya dengan pandangan bebas dan posisi tangan dan kaki dalam jangkauan yang nyaman untuk mengoperasikan semua fungsi kendaraan.



2. Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan saat berkendara :

A. Selalu gunakan lajur kiri dan jalur peruntukan khusus untuk kendaraan bermotor, tindakan mengambil jalur kanan dan mengambil jalur yang bukan merupakan peruntukan motor (kasus yang paling sering adalah menggunakan trotoar sebagai jalur motor) sangat beresiko terhadap kecelakaan dan bisa menyebabkan resiko yang sangat fatal.

B. Selalu memberikan arah tujuan dengan lampu sein kepada pengendara lain sebelum berpindah jalur, dan nyalakan lampu sein sebelum mencapai persimpangan untuk belok kiri atau kanan, serta pastikan kondisi lalu lintas dalam kondisi aman untuk kita sebelum kita melaksanakan pindah jalur.

C. Hindari kecepatan tinggi, berbelok patah dan pengereman keras saat melewati jalan penuh batu, lubang Lumpur, pasir atau pada kondisi lalu lintas ramai dengan pejalan kaki atau mungki hewan yang menyebrang.

D. Operasikan rem depan (lebih kuat dari rem belakang) dan lakukan pengereman pada saat bersamaan antara depan dan belakang.

E. Hindari berkendara dengan satu tangan dengan alasan apapun, serta tingkatkan kewaspadaan berkendara terutama pada malam hari dikarenakan penyinaran sepeda motor yang menyebabkan pandangan kita terbatas.

F. Jangan gunakan earphone untuk menggunakan walkman atau radio atau MP3 set saat berkendara, karena hal ini sangat membahayakan bagi keselamatan diri dan orang lain, termasuk tidak menggunakan perangkat handphone saat berkendara, carilah area aman untuk menerima handphone dan berhentilah sejenak jika panggilan dimaksud memang sangat penting untuk diterima.

Selamat berkendara dengan aman dan nyaman, dan selamat sampai tujuan. Dikutip

Siasat Menghemat Bahan Bakar

Siasat Menghemat Bahan Bakar
Melakukan upaya penghematan bahan bakar menjadi langkah yang relevan menyusul kesadaran menipisnya
cadangan minyak di perut bumi. Di samping itu, langkah penghematan ini tentu juga akan menekan
pengeluaran dari kocek bukan?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mewujukan hal tersebut, khususnya bagi pengendara sepeda
motor. Berikut diantaranya.

1. Bersihkan kerak yang ada pada saluran bensin. Adanya kerak dapat membuat pembakaran menjadi tidak sempurna dan berakibat bensin menjai boros. Selain menempel pada selang bensin, kerak juga dapat menempel pada knalpot motor sehingga dapat membuat penampilan dan kinerja knalpot menjadi kurang optimal.
2. Gunakanlah oli berkualitas. Jika oli yang digunakan berkualitas rendah, gesekan antara material di dalam motor akan semakin banyak. Hal itu akan membuat suhu semakin tinggi dan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar.
3. Kendarailah motor Anda dengan kecepatan normal. Upayakan untuk mengendarai motor dengan kecepatan yang konstan, terlampau sering menggunakan akselerasi dan deselerasi justru akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.
4. Sesuaikanlah kecepatan motor dengan perseneling yang digunakan. Penggunaan perseneling rendah untuk kecepatan tinggi tentu akan membuat putaran mesin lebih cepat dan membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros.Demikian halnya penggunaan persneling tinggi pada kecepatan rendah akan memaksa mesin bekerja lebih keras dan membuat konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih boros.
5. Periksalah tekanan angin pada ban Anda, karena jika tekanan angin berkurang, motor akan terasa lebih berat dan memaksa mesin bekerja lebih keras.Gunakan pula jenis bahan yang tepat demi kenyamanan dan keamanan berkendara.


Menghemat penggunaan bahan bakar memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk menghemat biaya,melainkan dapat juga membantu untuk melestarikan lingkungan. Selamat mencoba.

Pelantikan Anggota Baru YMC-Manado @Kotamobagu