Kalimat ini terasa seringkali kita dengar, khususnya bagi komunitas atau klub biker tapi bagi masyarakat umum masih sedikit yang memahami, bahkan masih banyak yang tidak mengerti apa yang dimaksud dengan keamanan berkendara tsb.
Keamanan berkendara ini untuk penerapannya bisa dibagi dua bagian, yaitu attitude (sikap) dan attribute (kelengkapan). Sikap disini maksudnya sikap berkendara itu sendiri, jika seseorang berkendara dengan santun, mematuhi peraturan lalu lintas, menghormati pemakai jalan lainnya maka otomatis resiko terjadinya kecelakaan terhadap dirinya sendiri akan berkurang, sebaliknya jika orang tsb berkendara dengan cara ugal-ugalan, melanggar lampu lalu lintas, naik trotoar, dsb, maka bukan hanya dia akan membahayakan dirinya sendiri tapi juga akan membahayakan orang lain.
Kelengkapan berkendara disini maksudnya adalah kelengkapan keamanan dalam berkendara, baik kelengkapan pada motor ataupun kelengkapan pada pengendara itu sendiri. Kelengkapan pada motor antara lain adalah rem, lampu sein, lampu malam, lampu rem, spion, dsb. Peralatan tsb haruslah berfungsi dengan baik, karena jika peralatan tsb tidak berfungsi maka otomatis bisa membahayakan pemakai motor tsb. Untuk kelengkapan pada pengendara antara lain helm (bukan helm cetok atau helm proyek), sepatu, sarung tangan, jaket, dsb. Sudah banyak kejadian kecelakaan fatal dikarenakan korban tidak memakai kelengkapan keamanan pengendara tsb. Kelengkapan keamanan pengendara ini sangat berfungsi untuk mengurangi resiko cedera fatal jika terjadi kecelakaan.
Terakhir jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan, baik perjalanan pendek dalam kota maupun perjalanan jauh atau turing luar kota.
Selamat berkendara dengan aman dan nyaman, jangan lupa keluarga menunggu kita pulang ke rumah dengan selamat :)
Ciptakan solidaritas & kebersamaan antar bikers serta utamakan selalu keselamatan berkendara….
Minggu, 15 Mei 2011
Turing dan Bagasi
Untuk klub atau komunitas motor, kegiatan atau event turing adalah hal yg sudah tidak asing lagi. Banyak yg melakukan turing keluar kota baik jarak dekat misal dari jakarta ke sekitar jabotabek ataupun jarak jauh, ke jawa tengah, jawa timur, bali ataupun ke sumatera. Walaupun jarak yg berbeda, tapi ada persamaannya yaitu kebutuhan bagasi.
Bagasi memang kebutuhan yg harus ada pada saat turing, karena minimal diperlukan untuk menyimpan jas hujan, tools, baju ganti bahkan untuk menyimpan oleh2. Sebelumnya biker hanya memakai backpack atau jaring untuk menyimpan keperluan turing tapi dirasakan tidak efisien, kurang aman dan kurang nyaman, maka saat ini pilihan bagasi turing sudah banyak beralih ke bagasi motor yg dirasakan lebih praktis, nyaman dan aman.
Bagasi memang kebutuhan yg harus ada pada saat turing, karena minimal diperlukan untuk menyimpan jas hujan, tools, baju ganti bahkan untuk menyimpan oleh2. Sebelumnya biker hanya memakai backpack atau jaring untuk menyimpan keperluan turing tapi dirasakan tidak efisien, kurang aman dan kurang nyaman, maka saat ini pilihan bagasi turing sudah banyak beralih ke bagasi motor yg dirasakan lebih praktis, nyaman dan aman.
Touring To Kotamobagu.
Dalam Rangka memeriahkan 2nd Anniversary TOSMIC (Totabuan Scooter Matic)..
Ymc-Manado Foto Bersama TOSMIC. 21 April 2011.
Ymc-Manado Foto Bersama TOSMIC. 21 April 2011.
Sejarah Sepeda Motor
Banyak orang memiliki sepeda motor, tapi tahukah dari mana asal sepeda motor itu?
Bersepeda motor memang menawarkan banyak kesenangan daripada berbagai aktivitas lainnya. Jika Anda memang salah satu pencinta dan pengguna sepeda motor, pengetahuan tentang sejarah sepeda motor akan menjadi hal penting dan memperkaya ilmu Anda.
Sepeda motor pertama kali berhasil dibuat pada 1885 oleh orang Jerman, Gottlieb Daimler. Saat itu memang benar-benar merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Sepeda motor buatan Daimler menggunakan mesin 4-Tak dengan sebuah silinder berbahan bakar bensin yang dipasang secara vertikal pada bagian tengahnya.
Meskipun sepeda motor ini sangat sederhana namun memberi inspirasi, dan banyak fiturnya masih digunakan pada sepeda motor saat ini. Walaupun bukan yang pertama, tetapi di Museum Nasional Sejarah Amerika dipajang sepeda motor yang dibuat Sylvester H. Roper, penduduk Massacushets.
Perbedaan utama dengan sepeda motor Daimler terletak pada mesinnya, yakni mesin Roper menggunakan mesin uap. Pada tahun 1902, insinyur Jerman bernama Maurice (Mauritz) Johan Schulte merancang sepeda motor yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan Inggris Triumph Cycle Co.Ltd.
Sepeda motor ini juga masih berupa sepeda yang dipasangi mesin buatan Belgia. Harley Davidson pada awalnya juga merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Harley Davidson didirikan oleh William S. Harley dan Arthur Davidson, juga pada tahun 1902, dengan nama Harley-Davidson Motor Company.
Harley Davidson terkenal dengan mesinnya yang tangguh, kuat, dan tahan lama. Pada 1920, Harley Davidson menjadi perusahaan pembuat sepeda motor terbesar di dunia. Di Jepang, Soichiro Honda, pendiri perusahaan Honda, telah mulai membuat sepeda motor sejak tahun 1908.
Sepeda motor Honda saat itu juga merupakan sepeda yang diberi mesin. Honda sendiri adalah seorang yang menyukai sepeda motor dan sering melakukan kompetisi balap.
Bersepeda motor memang menawarkan banyak kesenangan daripada berbagai aktivitas lainnya. Jika Anda memang salah satu pencinta dan pengguna sepeda motor, pengetahuan tentang sejarah sepeda motor akan menjadi hal penting dan memperkaya ilmu Anda.
Sepeda motor pertama kali berhasil dibuat pada 1885 oleh orang Jerman, Gottlieb Daimler. Saat itu memang benar-benar merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Sepeda motor buatan Daimler menggunakan mesin 4-Tak dengan sebuah silinder berbahan bakar bensin yang dipasang secara vertikal pada bagian tengahnya.
Meskipun sepeda motor ini sangat sederhana namun memberi inspirasi, dan banyak fiturnya masih digunakan pada sepeda motor saat ini. Walaupun bukan yang pertama, tetapi di Museum Nasional Sejarah Amerika dipajang sepeda motor yang dibuat Sylvester H. Roper, penduduk Massacushets.
Perbedaan utama dengan sepeda motor Daimler terletak pada mesinnya, yakni mesin Roper menggunakan mesin uap. Pada tahun 1902, insinyur Jerman bernama Maurice (Mauritz) Johan Schulte merancang sepeda motor yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan Inggris Triumph Cycle Co.Ltd.
Sepeda motor ini juga masih berupa sepeda yang dipasangi mesin buatan Belgia. Harley Davidson pada awalnya juga merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Harley Davidson didirikan oleh William S. Harley dan Arthur Davidson, juga pada tahun 1902, dengan nama Harley-Davidson Motor Company.
Harley Davidson terkenal dengan mesinnya yang tangguh, kuat, dan tahan lama. Pada 1920, Harley Davidson menjadi perusahaan pembuat sepeda motor terbesar di dunia. Di Jepang, Soichiro Honda, pendiri perusahaan Honda, telah mulai membuat sepeda motor sejak tahun 1908.
Sepeda motor Honda saat itu juga merupakan sepeda yang diberi mesin. Honda sendiri adalah seorang yang menyukai sepeda motor dan sering melakukan kompetisi balap.
Panduan Touring dan Tata tertib Peserta Touring
Tata tertib peserta touring:
1. Fungsi STANDAR kelengkapan motor harus tetap terpasang dan berfungsi :
Yaaahh… waktu saya touring, itu yang saya dapetin biar semuanya lancar… kalo ada tambahan silahkan ditambahin…
Moga Bermanfaat
- Peserta touring harus mematuhi peraturan lalu lintas
- Di harapkan tidak bercanda dan mengobrol dengan pengendara lain jika tidak perlu
- Pengendara tidak diperbolehkan melakukan (manuver liar ) yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain
- Saling menghormati dengan sesama pengguna jalan,seperti tidak mengintimidasi pengguna jalan lain dan memberi kode isyarat dengan sopan ketika meminta jalan
- Mengikuti petunjuk dari road captain (orang yang mimpin perjalanan atau yang paling depan),dan menyebarkannya hingga ke pengendara paling belakang,seperti menggunakan hand code
- Peserta turing wajib mentaati perintah dari petugas Resmi turing (RC, Blocker,Sweeper)
- Tidak menyalakan/membunyikan sirene atau klakson secara terus menerus selama dlm perjalanan, kecuali pada saat-saat yg memang sangat diperlukan.
- Tidak boleh sambil merokok selama berkendara.
- Tidak menggunakan/dalam pengaruh obat-obatan.
- Kecepatan kendaraan di atur oleh road captain
- Dilarang saling menyalip antar peserta touring
- Jika ingin menyalip kendaraan besar wajib berhati-hati
- Jika dari jarak kejauhan sudah terlihat bis ,maka kurangi kecepatan dan minggir ke bahu jalan
- Masing-masing orang menyiapkan uang secukupnya untuk persediaan bahan bakar motor
- Jika ada yang ingin beristirahat atau buang hajat,agar melaporkannya ke road captain via handphone (kalo berboncengan)
- Kondisi fisik harus siap 100%
- Membawa bekal secukupnya,
- Membawa pakaian secukupnya
- Bagi pengendara harus memakai sarung tangan motor dan tameng badan (bisa dari koran atau kerdus)
- Surat-surat diri (STNK,SIM,KTP)
- Wajib membawa jas hujan,di anjurkan yang khusus satu orang
- Memakai pakaian lengkap begitu jg dengan alas kaki harus memakai sepatu, bawa cadangan sandal
- Gak perlu minum suplemen atau vitamin, cukup air putih
- Sebelum berangkat disunnahkan untuk memakan cemilan atau roti,supaya tidak kelaparan
- Tidur cukup
1. Fungsi STANDAR kelengkapan motor harus tetap terpasang dan berfungsi :
- a. Kaca spion kanan – kiri.
- b. Klakson.
- c. Lampu Depan, lampu sein, lampu rem
- d. Spatbor
- e. Ban (depan min. ukuran 2.50, belakang min. ukuran 2.75)
- f. Speedo meter, indikator bensin, dll.
- g. Tekanan ban harus pas
Yaaahh… waktu saya touring, itu yang saya dapetin biar semuanya lancar… kalo ada tambahan silahkan ditambahin…
Moga Bermanfaat
Langganan:
Postingan (Atom)